Cara Mengatasi Rumus Excel Tidak Menghitung Secara Otomatis

Standar

Mengatasi Rumus Excel Tidak Menghitung Secara Otomatis

Suatu hari, seorang staff akuntansi di suatu perusahaan meminta bantuan ke bagian IT untuk memperbaiki masalah yang sedang dia hadapi di Microsoft Excel.

Masalah yang dihadapi si staff cukup ‘SERIUS’, setiap kali ia meng-COPY rumus dari salah satu cell dan mem-PASTE ke cell yang lain, rumus tersebut tidak menghitung secara otomatis, melainkan hasilnya sama dengan cell asal. Ia mencoba berulang kali, tapi hasilnya tetap saja NIHIL.

Lalu datanglah staff IT sebagai sosok penyelamat. Ia pun mencoba prosedur yang sama, mencopy rumus ke cell yang lain, tetap tidak bisa menghitung otomatis. Staff IT tidak kehilangan akal, dia buat rumus baru, mengcopy ke cell yang lain, tapi tetap saja, rumus tidak menghitung secara otomatis.

Akhirnya sifat IT itu pantang menyerah dan terus mencoba. sampai akhir nya menemukan cara nya sebagai berikut.

Kejadian seperti ini mungkin pernah kamu alami. Dari cerita di atas, ada dua fakta yang sebenarnya terjadi.

Pertama, kita tidak tahu masalah yang sebenarnya. Kita mengira masalahnya adalah ERROR, tapi yang sebenarnya adalah FORMULA EXCEL TIDAK MENGHITUNG KEMBALI (RECALCULATION) SECARA OTOMATIS (AUTOMATIC). Kalau kita cari bantuan di HELP (F1) dengan kata kunci error, kita tidak akan menemukan solusinya. Tapi jika kita cari recalculation dan automatic, kita akan diarahkan ke INFO Function dan akan ada pencerahan.

Kedua, perlu disadari bahwa TIDAK SEMUA orang IT bisa mengatasi masalah pada EXCEL. Ini karena orang IT tidak spesifik mengurusi masalah EXCEL, tapi masalah IT secara keseluruhan, biasanya masalah sistem dan jaringan. Jadi pesan saya, jika sehari-hari kita memakai Excel, kita harus menguasainya lebih dari orang lain yang jarang memakai Excel.

Masalah di atas terjadi karena Microsoft Excel disetting pada Manual Recalculation Mode, yang secara default seharusnya ada di Automatic. Kondisi ini menjadikan formula tidak menghitung secara otomatis. Rumus atau formula pada mode manual ini baru melakukan perhitungan jika kita mengaktifkan cell di mana rumus berada, kemudian menekan ENTER.

Langkah untuk mengatasi ini adalah sbb:

  • Cek mode calculation atau recalculation rumus atau formula Excel dengan fungsi INFO yaitu =INFO(“RECALC”) dan akan menghasilkan value “Manual
  • Ubah ke mode Automatic yang ada di File/Option/Formula. Pada Calculation options, tick Manual pada Workbook Calculation.

Selamat Mencoba dan Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar